Assalam Muallaikum.Wr.Wb

Google
WWW putri-cempaka.blogspot.com

APA ITU ARCVIEW ??

Arcview merupakan perangkat lunak yang ddikembangkan oleh ESRI (Environtmental research Institute). Perkembangan Arcview sebagai perangkat lunak GIS seiiring dengan munculnya sistem operasi windows. sedangkan ‘adikknya’ , Arcinfo merupakan perangkat lunak berbasis DOS.

Ketika arcview masuk di pasaran sebagian pengajar enggan mengganti arcinfo dan hanya menggunakan arcview sebagai perangkat lunak untuk melakukan lay-out peta saja. Hal ini sebenarnya untuk memberikan pemahaman kepada siswa mengenai banyak hal seperti : topologi, sistem koordinat, dan banyak haal lain yaang tidak akan didapat bila siswa langsung diajarkan arcview.

Perkembangan citra penginderaan jauh sebagai sumber data gis, sangat mendukung perkembangan arcview. Metode digitasi menggunakan perangkat digitazer mulai ditinggalkan dan digitasi layar mulai umum di lakukan. Citra-citra penginderaan jauh yang beredar di pasaran biasanya sudah memiliki sistem koordinat geografis, yang sangaat memudahkan proses pembiuatan peta-peta tematik maupun peta-peta dasar. Kemudahan arcview untuk menaambahkan kemampuan menampilkan berbagai data penginderaan jauh dalam berbagai format sangat menunjang hal ini.

Arcview mendukung semua hal yang dapat dikerjakan arcinfo. Dari proses digitasi, layout hingga manipulasi data tabuler. Dalam digitasi atau input data, arcview menawarkan loncatan dari model lama yaitu menggunakan digitizer ke model baru yaitu digitasi on-screen. Digitasi on-screen ini juga menyederhanakan proses clean dan build karena sudah diintegrasikan dengan kewajiban pengguna dalam proses digitasi tersebut. Untuk titik hanya dikenal satu macam, sehingga setiap mengguna melakukan input satu titik maka berarti dia menambah satu record di data tabuler. Data garis juga demikian, dan yang agak rumit adalah poligon. Ada input poligon standar yang bila dibuat akan menghasilkan satu record, kemudian ada sisanya adalah menghasilkan dua hingga lebih record yaitu dengan draw line append to poligon dan draw line split to poligon. Hal ini memudahkan proses input area yang merupakan poligon, seperti penutup lahan,penggunaan lahan, kondisi geologi dan sebagainya (tema-tema yang sering diproyekkan).

Seorang maniak arcview akan berubah wujud menjadi avenue programmer ketika bulan purnama datang. Perubahan ini terjadi ketika ia tertarik dengan script dan mulai mengutak-atik system script pada arcview. Avenue ini merupakan macro-nya arcview dan bersifat OOP (Object Oriendted Programming). Tapi perjalananan perubahan tersebut masih cukup panjang sebelum ia dinisbahkan menjadi GIS Programmer.

download Arcview

download Sekilas Arcview

Related Posts by Categories



0 komentar:

 

ShoutMix chat widget
>